Sabtu, 23 Juli 2011

ALIRAN-ALIRAN PSIKOLOGI

A.STRUKTURALISME(Structuralism)

Menurut Jean Piaget, strukturalisme itu sulit di kenali karena mencangkup bentuk-bentuk yang beragam sehingga sulit menampilkan sifat umum dan karena ”struktur-struktur”yang di rujuk memperoleh arti yang cendrung berbeda-beda. (Piaget 1995:1)struktur adalah sebuah system taranformasi yang mengandung kaidah sebagai sisitem (sebagai lawan dari unsur-unsur )dan yang melindungi diri atau memperkaya diri melalui peran tranformasi-tranformasinya .tanpa keluar dari batas-batasnya atau menyebabkan masuknya unsure-unsur luar.Piaget menyebut tiga sifat yang di cakup dalam tiga struktur yakni:totalitas,transformasi,dan pengaturan diri

B.ALIRAN FUNGSIONALISME(Functional psychology)

Fungsionalisme adalah suatu tendensi dalam psikologi yang menyatakan bahwa pikiran,proses mental,persepsi indrawi,dan emosi adalah adaptasi organisme biologis(Ash,Shadr,1993:259-260).Drever(1988)menyebut fungsionalisme sebagai suatu jenis psikologi yang menggaris bawahi fungsi-fungsi dan bukan hanya fakta-fakta dari fenomena mental,atau berusaha menafsirkan fenomena mental dalam kaitan dengan peranan yang di mainkannya dalam kehidupan organisme itu,dan bukan menggambarkan atau menganalisis fakta-fakta pengalaman atau kelakuan;atau suatu psikologi yang mendekati masalah pokok dari sudut pandang yang dinamis, dan bukan dari sudut pandang yang statis.

C.ALIRAN PSIKOANALIS

Psikoanalis di dirikan oleh Sigmund Freud teorinya banyak memfokuskan Perhatian pada”kesadaran”manusia. Tak pelak “ketidaksadaran”sebagai aspek psikis terpenting ,bagi Freud,bagai petir di siang bolong.BahkanFreud berkeyakinan bahwa prilaku dan kepribadian manusia banyak di pengaruhi oleh ketidak sadaran .

D. ALIRAN PSIKOLOGI GESTALT(Gestalt psychology)

Aliran yang di dirikan oleh MaxWrtheimer pada tahun1912 dan kemudian di kembangkan oleh Kurt Koffka dan Wolfgang Kohler ini mengkritik teori-teori psikologi yang berlaku di jerman sebelumnya,terutama teori strukturalisme dari Wilhelm Wundt yang khususnya mempelajari proses pengindraan di anggap terlalu elemenistik (terlalu mengutamakan elemen atau detail).

E.ALIRAN BEHAVIORISME (Behaviorism)

Behaviorisme adalah sebuah aliran dalam psikologi yang didirikan oleh Jhon B.Watson pada tahun 1913 dan di gerakkan oleh Burrhus Frederic Skinner. Sama halnya dengan psikoanalisis,behaviorisme juga merupakan aliran yang revolusioner, kuat dan berpengaruh., serta memiliki akar sejarah yang cukup dalam.sejumlah filsuf dan ilmuan sebelumWatson, dalam satu dan lain bentuk, telah mengajukan gagasan-gagasan mengenai pendekatan objektif dalam mempelajari manusia, berdasarka pendekatan yang mekanistik dan materialistic, suatu perndekatan yang menjadi cirri utama dari behaviorisme. Seorang di antaranya adalah Ivan Pavlov (1849-1936)seorang ahli fisiologi Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar